Kejati Maluku Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Dr Jan S. Maringka, Kamis (15/12), mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), di Kantor Kejati Maluku.

Satgas Saber Pungli ini diketuai oleh Roch Adi Wibowo, SH.,MH (Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Maluku), dengan 14 anggota yang terdiri dari tujuh Jaksa perwakilan dari masing-masing Kejaksaan Negeri, tiga orang Jaksa Penghubung dan para Jaksa dari Kejaksaan Tinggi Maluku.

Dalam sambutannya, Maringka menyampaikan bahwa Satgas Saber Pungli telah dibentuk oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan juga Kabupaten Kota. Namun, lanjut Maringka, Kejati Maluku merasa penting untuk membentuk dan mengukuhkan Satgas Saber Pungli sebagai bentuk komitmen memberantas praktik-praktik pungutan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum aparat Kejaksaan, yang dapat mempengaruhi citra Kejaksaan dalam proses penegakan hukum.

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan hotline centre untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan adanya praktik- praktik tercela oknum Kejaksaan melalui nomor telp 082198062233.

Pengukuhan Satgas Saber Pungli tersebut dilaksanakan saat pembukaaan Rapat Kerja Daerah Kejaksaan se-Maluku, yg mengambil tema Membangun Institusi Kejaksaan Modern Menuju Penegakan Hukum yang Profesional, Bebas Korupsi, Bermartabat dan Terpercaya. Adapun tujuan dari pelaksanaan rapat kerja daerah ini adalah untuk mensosialisasikan hasil-hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas), serta melakukan evaluasi terhadap kinerja selama satu tahun berjalan serta menyusun program-program ke depan untuk tahun berikutnya.

Rapat kerja daerah ini diikuti oleh Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, para asisten, para Kepala Kejaksaan Negeri, KTU, koordinator, para Kasi, dan Jaksa Fungsional. Rapat berjalan dengan komunikatif sehingga dirasakan akan memudahkan langkah-langkah maju Kejati Maluku di tahun mendatang. (AR/*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *