KAJATI MALUKU MENERIMA KUNJUNGAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA

Ombudsman Republik Indonesia yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah,  baik pusat maupun daerah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta badan swasta  atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu, seyogianya untuk  mengimplementasikan fungsi tersebut mesti membangun koordinasi dan jaringan kerja dengan seluruh pihak terkait (stakeholders).

Dalam kaitan tersebut pada hari Rabu, tanggal 26 April 2017, anggota Obudsman RI  Prof. Dr. Adrianus Meliala, Ph.d, didampingi oleh Hasan Slamet, SH.,MH (Kepala Perwakilan Maluku) dan staf berkunjung ke Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku dan diterima oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Dr. Manumpak Pane didampingi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Maluku Joko Pandam, SH.

Dalam kunjungan tersebut dibahas beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ekstra oleh jajaran Kejaksaan Tinggi Maluku diantaranya masih sering terjadi bolak balik berkas perkara dari Penyidik ke JPU yang merupakan persoalan klasik selama ini. Selanjutnya  masalah  tindak lanjut laporan masyarakat  yang harus segera ditindaklanjuti dan tembusan laporan penyelesaiannya disampaikan kepada pelapor dan sebagainya.

Beberapa permasalahan tersebut kemudian direspon positif oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku dengan menyampaiakan  bahwa sejauh ini koordinasi dan sinergitas antara penyidik dan penuntut umum di Provinsi Maluku telah dilakukan dengan baik dan ke depan Kejaksaan Tinggi Maluku akan beruapaya maksimal untuk menghindari adanya bolak balik perkara dari penuntut umum kepada penyidik.

Untuk mewujudkan hal itu, Pimpinan Kejaksaan Tinggi Maluku telah membuat kebijakan bahwa bagi JPU yang akan menerbitkan P-19 ke-2 harus melakukan ekspose sehingga ada masukan dari pimpinan guna meminimalisir terjadinya bolak balik perkara, sedangkan soal tindak lanjut laporan masyarakat dan tembusan laporan penyelesaian penanganannya sejauh ini telah dilaksanakan dan akan lebih ditingkatkan lagi  kualitas dan percepatan penyelesaian penanganan laporan masyarakat dimaksud.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *